Dream… :))

Ada pepatah mengatakan : Hal yang terindah adalah ketika melihat seseorang tersenyum… Tapi hal yang jauh lebih indah adalah mengetahui bahwa engkau adalah alasan di belakangnya.. :))

Memaknai Sebuah Ujian dengan Kekuatan Cinta

on August 21, 2015

           Alhamdulillah pagi ini masih bisa merasakan nikmatnya hembusan angin pagi yang sangat sejuk. Ditemani dengan secangkir teh hangat dan sebuah kue coklat, rasanya sangat lengkap jika disertai dengan membaca sebuah buku. Saya sangat bersyukur bisa membaca buku karya seorang penulis, mas Ahmad Rifa’i Rif’an yang berjudul Jangan sampai Ada dan Tiadamu di Dunia ini Tak Ada Bedanya.

              Saat itu, pikiran saya terpaut dalam sebuah bab yang berjudul Mencintai dengan Tulus. Setelah membaca bab tersebut, saya teringat dengan salah satu kisah mengharukan di salah satu akun instagram, dan saya akan mencoba menceritakannya kembali di sini.

              Kisah nyata ini dialami oleh seorang miliader bernama Eko Pratomo Suyanto (usia 60 tahun) yang telah merawat istrinya yang terserang penyakit lupus. Penyakit ini membuat sang istri lumpuh total, tidak dapat bergerak, bahkan untuk berbicara pun tak mampu. Keadaan ini terjadi setelah sang istri melahirkan anak mereka yang keempat.

          Dalam kesibukannya mengurus pekerjaan, lelaki ini telah berkomitmen untuk turun langsung merawat kondisi sang istri. Sebelum berangkat kerja, ia selalu memandikan, menyuapi dan mengajak bicara sang istri. Kemudian siang harinya ia menyempatkan mampir ke rumah untuk menyuapi sang istri kembali, tanpa rasa lelah. Saat malam tiba, ia menggendong sang istri ke kamar dan mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Ia selalu mencoba menghibur sang istri, meskipun orang yang sangat dicintainya ini hanya bisa membalasnya dengan sekedar kedipan mata atau senyuman kecil. Keadaan ini telah ia jalani rutin setiap hari selama 25 tahun.

 Namun ia tak pernah bosan melakukannya, seolah-olah istrinya adalah seorang bidadari yang telah menjadi bagian utuh dalam hatinya.

Seolah-olah istrinya adalah surga yang paling indah, paling bermakna, dan paling berarti bagi hidupnya.

wanita+sholehah+6

Ada sebuah kutipan yang bisa menggambarkan kisah cinta sang lelaki tersebut kepada istrinya :

“Cinta yang sebenar-benarnya cinta adalah ketika cinta itu tetap merekah tatkala orang yang dicinta lebih sering menjadi beban, ketimbang menjadi hiburan.

Cinta itu tumbuh dari waktu ke waktu

Cinta itu diuji dengan berbagai kesulitan

Cinta itu diasah dengan ujian.

Kesetiaan itu diuji dengan permasalahan”

(Ahamd Rifa’I Rif’an)

 

Jika diibaratkan dengan sebuah lagu, kisah ini mirip seperti lirik lagu 11 januari dari gigi :

“Senyummu juga sedihmu adalah hidupku, kau sentuh cintaku dengan lembut, dengan sejuta warna…”

            Alhamdulillah, Allah telah memberikan hidayah kepada sang suami untuk senantiasa bersabar serta ikhlas merawat sang istri, dan semoga keadaan sang istri lekas membaik, Aamiin…. Mudah sekali untuk membayangkan bahwa kita harus menjadi orang yang lebih baik, penyabar, penyayang terhadap orang yang kita cintai. Tapi bukti nyatanya, saat menjalaninya pasti amat sangat sulit. Mungkin saat ini kita bisa berkomitmen untuk menjaga orang-orang yang kita sayangi karena Allah. Tapi di sisi lain ketika ujian itu datang, belum tentu kita bisa sesabar dan seikhlas itu. Saya juga khawatir bila nyatanya saya juga belum bisa membahagiakan orang-orang yang saya sayangi, dan mohon maaf jika saya justru sering     sekali menyakiti hati mereka. Mohon maaf ya…

            Bismillah, semoga kita bisa belajar dari kisah tersebut, untuk menjadi manusia yang lebih baik ke depannya, yang dengan tulus memberikan kasih sayang kepada seseorang yang melekat di hati kita. Bukan sekedar kata “I love you”, namun dengan bukti nyata bahwa kita bisa memberikan kebahagiaan di hatinya kelak… :)).


2 responses to “Memaknai Sebuah Ujian dengan Kekuatan Cinta

  1. John says:

    Makasih atas infonya , Aerith

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: