Dream… :))

Ada pepatah mengatakan : Hal yang terindah adalah ketika melihat seseorang tersenyum… Tapi hal yang jauh lebih indah adalah mengetahui bahwa engkau adalah alasan di belakangnya.. :))

Indahnya Menjalin Tali Silaturahim :)

on July 17, 2015

silaturahmi-1

          Alhamdulillah, hari ini saya masih diberikan kesempatan mengikuti shalat idul fitri di masjid dekat rumah. Ya, walaupun hanya saya sendiri wanita di rumah yang berkesempatan mengikuti ibadah kali ini, ngga ada alasan buat meninggalkannya kan sob. Supaya ngga keliatan sendirian, saya langsung nyusup di golongan ibu-ibu yang sedang berjalan menuju masjid, sok akrab gitu wkwkwk. Pas nyampe, eh ternyata masjidnya sudah full, dan pastinya kita harus menggelar koran sebagai alas sebelum sajadah. Eh lha koq… aku lupa ngga bawa sajadah. Ya Allah masa saya shalat pake alas koran aja, khawatirnya nanti pas sholat malah ngga fokus karena tulisan yang ada di koran kebaca.

             Alhamdulillah, saya justru bersyukur engga bawa sajadah, karena saya bisa lebih mengenal sosok salah satu tetangga saya. Beliau membentangkan sajadahnya sehingga cukup digunakan untuk kami berdua. Beliau mempersilahkan saya untuk menggunakan sebagian sajadahnya, disertai dengan senyuman ikhlas. Wah, Alhamdulillah sekali ya bisa ikut pake sajadah beliau. Kebaikan yang ia lakukan sangat simpel, tapi pastinya sampai sekarang pun saya masih mengenangnya. Benar sekali kata pepatah : Lakukanlah kebaikan sekecil apapun walaupun itu hanya sebuah senyuman, karena bisa jadi orang lain akan mengenangnya sepanjang masa.

               Tapi sob saya malu sekali, sebagai tetangga, jarak rumah kita tak terlalu jauh sebenarnya. Wajah beliau ngga asing buat saya, dan saya ingat malahan rumahnya dimana, anak-anak dan keluarganya yang mana aja. Tapi saya ngga tau siapa nama beliau, kebangetan banget ngga sih gue. Namun akhirnya, sekarang saya sudah tau namanya, dan kitapun juga banyak mengobrol sebelum sampai di masjid tadi. Dari sini mungkin Allah memberikan hikmah supaya saya lebih peka dengan tetangga dekat saya lewat kejadian sajadah yang tertinggal di rumah, alhamdulillah…🙂.

          Terlalu sibuk dengan rutinitas bisa jadi membuat kita melupakan suatu hal yang penting, yakni menjalin silaturahim dengan sesama tetangga. Padahal Rasulullah selalu mengajarkan kepada kita semua untuk menjaga tali silaturahim. Dari buku yang pernah saya baca dulu, Rasulullah selalu memilih jalan yang berbeda saat berangkat ke masjid dan saat selesai menuju ke rumah. Alasannya, dengan jalan yang berbeda, pastinya kita akan menemui orang-orang yang berbeda juga, dan tentunya semakin banyak orang yang kita temui, semoga semakin berkah perjalanan kita karena makin banyak rajutan tali silaturahim yang bisa kita sambung saat bertemu orang-orang tersebut.

                Alhamdulillah, sungguh luar biasa sekali skenario yang telah Allah rencanakan. Hal sekecil apapun pasti ada hikmahnya jika kita mau meresapinya lebih dalam, termasuk kekoplakan saya saat ngga membawa sajadah. Akhir kata, ada sebuah hadist yang mengucapkan :

“Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan shalat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturahim”.

            Oh iya para pembaca, saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati. Sebenarnya saya juga masih dalam tahap belajar koq, sama seperti kebanyakan orang. Saya ini hanyalah orang biasa yang ingin berbagi kisah yang telah saya alami. Bisa jadi, saya ini justru sangat kurang menjaga tali silaturahim dan kurang peka dengan keberadaan orang lain, mohon maaf ya. Bismillah, semoga artikel ini bisa bermanfaat…🙂

Wassalam.


Leave a Reply

