Dream… :))

Ada pepatah mengatakan : Hal yang terindah adalah ketika melihat seseorang tersenyum… Tapi hal yang jauh lebih indah adalah mengetahui bahwa engkau adalah alasan di belakangnya.. :))

Alasan Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

on July 28, 2014

            Selepas lulus SMA, banyak jalur lanjutan yang bisa ditempuh oleh masing-masing siswa. Ada yang memilih untuk langsung bekerja, ada yang merintis wirausaha, bahkan ada yang berumah tangga. Namun, sebagian besar siswa memilih untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mengapa?

 Banyak sekali alasan yang mendasari hal tersebut, antara lain :
1. Kualitas
                Untuk dapat mengenyam pendidikan di PTN memang harus melewati seleksi yang cukup ketat. Hal itulah yang mendasari kualitas PTN menjadi lebih menonjol dibandingkan jalur PTS. Banyak sekali siswa yang ingin kuliah di PTN, namun kuota yang tersedia hanya terbatas. Jadi hanya orang-orang terpilih yang dapat merasakan kuliah di PTN, yakni orang-orang yang telah lulus seleksi PTN. Terdapat 3 jalur umum seleksi masuk PTN (update tahun 2014) :

a. SNMPTN/Jalur Undangan
                Penerimaan Mahasiswa lewat jalur undangan mengacu nilai raport dari kelas 1 sampai kelas 3. Jalur ini sangat potensial karena kebanyakan unsiversitas saat ini menerima hingga 50 % mahasiswa baru dari jalur ini. Namun sistem penilaiannya bersifat sangat rahasia, karena hanya pihak Universitas yang mengetahui proses seleksinya. Saat ini, kita hanya dapat memprediksi dari pola yang terjadi setiap tahun, diusahakan raport dari kelas 1 sampai tiga stabil ataupun meningkat nilainya.

b. Jalur SBMPTN/ Jalur Tes Tulis
                     Jalur ini menjadi andalan utama setiap siswa apabila belum berhasil pada undangan. Jalur ini dinilai paling tepat dan paling jujur karena sistem penilaiannya didasarkan murni pada hasil tes yang telah dijalani.

c. Jalur Mandiri
           Jalur mandiri diadakan sesuai dengan kebijakan masing-masing Universitas. Jalur ini umumnya dihindari oleh kebanyakan orang karena biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal dari dua jalur di atas. Namun, kebanyakan orang juga mengikuti Ujian Mandiri untuk memperbesar peluang masuk PTN.
Dengan begitu ketatnya seleksi menuju PTN, menuntut makin tingginya kualitas yang harus disajikan oleh masing-masing PTN. Hal tersebut guna mendukung output yang akan dicetak. Oleh karena itu, jajaran staf pengajar dan asisten pastinya juga dituntut untuk mendidik dengan kualitas yang lebih menjanjikan.

2. Biaya

                 Biaya untuk kuliah di PTN cenderung jauh lebih murah dibandingkan di PTS (untuk jalur undangan dan SBMPTN). Selain itu, kesempatan untuk memperoleh beasiswa juga jauh lebih besar.

3. Ikatan Alumni

                Jangan khawatir bila merasa kesulitan dalam mencari kerja setelah lulus kuliah, karena sebenarnya jaringan alumni di PTN cukup kuat. Untuk mendukung hal tersebut tentunya kita juga harus update dan rajin-rajin untuk berkonsultasi dengan kakak alumni.

4. Membahagiakan orang tua

                    Kita pasti belum sepenuhnya bisa membahagiakan orang tua selepas lulus SMA, namun kita bisa membuat mereka sedikit berbangga hati. Tentunya karena melihat sang anak dapat mengenyam pendidikan di PTN. Bayangkan bagaimana rona wajah mereka begitu mengetahui anaknya bisa menjalani masa studi di tempat yang diidamkan banyak orang. Telebih lagi bila bisa melihat anaknya telah menjadi seorang sarjana. Alhamdulillah…

          Demikian beberapa opsi tentang alasan memilih PTN seusai SMA/SMK, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

                Namun, sejatinya jalan apa yang akan ditempuh nantinya tergantung dari pilihan masing-masing anak. Jalan mana yang dirasa paling baik untuk keberlangsungan hidupnya kelak. Karena yang terbaik bukanlah yang paling banyak diminati orang, bukanlah yang bisa menutupi sekedar rasa gengsi ataupun popolaritas. Jalan terbaik adalah yang telah digariskan oleh Allah… karena hanya Allah yang tau mana yang terbaik dan barokah untuk hambanya… tergantung bagaimana kita menyikapinya…

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca…
Semoga sukses generasi muda Indonesia…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: