Dream… :))

Ada pepatah mengatakan : Hal yang terindah adalah ketika melihat seseorang tersenyum… Tapi hal yang jauh lebih indah adalah mengetahui bahwa engkau adalah alasan di belakangnya.. :))

Curriculum Vitae CV (Daftar Riwayat Hidup) untuk Fresh Graduate atau Berpengalaman

on August 11, 2013

                Tema postingan kali ini berhubungan dengan proses pencarian kerja. Tepatnya tentang  tips pembuatan Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman.

Sudah siap kan?? Langsung capcus aja ya bro😀

Format Pembuatan Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) :

dftar 2

Penjelasan Lebih Lanjut :

A. Data Pribadi

Tips yang harus diperhatikan     :

  1. Umumnya dalam daftar riwayat hidup juga dilampirkan pas foto ukuran 4×6, biasanya di letakkan di bagian sebelah kanan data pribadi. Untuk pas foto tersebut, usahakan menggunakan pakaian yang rapi dan formal (plus blazer).
  2. Sebenarnya No. HP adalah point yang paling penting dalam pengisian data pribadi, karena umumnya tim recruitment akan menghubungi via telepon. Sebisa mungkin cantumkan dua Nomor, karena apabila yang satu sulit dihubungi masih ada nomor yang lainnya sebagai cadangan.

        Ada sebuah pepatah “Biasanya orang akan sebal bila ada telepon dari nomor-nomor tidak dikenal, namun saat anda mencari kerja… anda akan selalu menanti telepon dari nomor-nomor tak dikenal, Ini bisa jadi kesempatan panggilan interview, kesempatan untuk meraih masa depan yang lebih baik”.

3. Selain via telepon maupun job fair, saat ini proses pencarian kerja juga bisa dilakukan via email. Usahakan alamat email juga formal, bisa menggunakan nama untuk mempermudah.

          Oh iya, hindari menggunakan istilah-istilah gaul untuk pembuatan alamat email, karena bisa membuat tim recruitment il feel (ilang feeling) plus geleng-geleng kepala. Misalnya: aq_cantikcekali@yahoo.com atau aq_imoetbeud@gmail.com


B. Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan Formal

         Dalam riwayat pendidikan formal, tuliskan terlebih dahulu pendidikan terakhir yang telah anda tempuh. Mengapa? Hal tersebut akan sangat membantu tim recruitment untuk langsung mengenali lulusan anda, karena mereka memang harus memeriksa bisa jadi ribuan daftar lamaran.

           Seorang motivator pernah mengatakan dalam sebuah acara Job Fair di IAIN Surabaya “Bukannya saya merendahkan pendidikan dasar seperti TK atau SD dengan menuliskannya di urutan bawah. Tetapi konsep ini akan menunjukkan bertambahnya ilmu dan mempermudah tim recruitment mengenali lulusan anda”. Dan ingat, semakin tinggi tingkat pendidikan, artinya makin banyak ilmu yang didapat, dan tentunya untuk lebih detail, anda bisa menuliskan riwayat hidup lengkap sejak kecil hingga lulus.

Misalnya :

Pendidikan Formal

2008-2012    : S1 Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya,

IPK = …. (Skala =4)

2005-2008    : SMAN 16 Surabaya

2002-2005    : SMPN 17 Surabaya

1996-2002    : SD Al-Amin Surabaya

1994-1996    : TK Kyai Amin Surabaya

 

C. Pengalaman Kerja/Magang/Praktek Kerja Lapangan

      Sebenarnya nilai dari sebuah Curriculum Vitae adalah sebuah pengalaman, dimana seseorang pernah mengaplikasikan ilmunya dalam dunia kerja. Tuliskan pengalaman kerja terakhir anda di bagian awal lengkap dengan posisi kerja, tahun masuk dan keluar,Misalnya:

1. PT. Senang Bahagia sebagai Asisten Laboratorium (Juli 2011- Juli 2012)

2. PT. Indah Sejahtera sebagai Front Office (Juli 2010-Juli 2011)

     Apabila masih fresh graduate (baru lulus dan belum berpengalaman kerja), pengalaman magang/praktek kerja lapangan dapat dituliskan untuk menambah nilai plus. Pengalaman paling akhir dituliskan terlebih dahulu lengkap dengan tema praktek yang dilakukan, posisi, serta tahun pelaksanaan. Misalnya :

1. Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat (BALITTAS) Malang

       Tema                     : …………………………..

       Posisi                     : …………………………..

       Pelaksanaan       : ……………………………

2. Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (BALITTRO) Bogor

       Tema                     : ……………………………

       Posisi                     : ……………………………

       Pelaksanaan       : ……………………………

 

D. Pengalaman Mengajar

              Pengalaman Mengajar juga bisa dituliskan sebagai salah satu point dalam CV. Misalnya semasa kuliah atau saat SMA kita pernah menjadi guru privat (guru les) di suatu Lembaga Bimbingan Belajar, tentunya itu menunjukkan bahwa sembari menimba ilmu, kita juga sudah mulai start untuk bekerja. Selain itu, dengan begitu kita pernah menjelaskan dan membagikan ilmu kepada orang lain. Misalnya :

1. LBB Smarta Medika sebagai guru privat Kimia (2011-2013)

        Apabila sebelumnya pernah menjadi asisten dosen di perkuliahan, pengalaman tersebut juga bisa dicantumkan. Penulisannya lengkap dengan bidang kuliah, posisi dan tahun.

 

E. Pengalaman Organisasi dan Riwayat Kepanitiaan

        Kegiatan-kegiatan organisasi yang cukup menyibukkan di dunia perkuliahan ternyata banyak sekali hikmahnya bagi dunia kerja nantinya. Di dunia kerja, kita dituntut untuk memberikan solusi dari problem yang timbul, kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, membagi waktu yang efektif,  dan tentunya cara berkomunikasi yang mengena dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

        Organisasi adalah salah satu media kita untuk menjawab tantangan tersebut. Penulisannya sama, pengalaman paling akhir dituliskan terlebih dahulu.
 

F. Prestasi                         

       Sebenarnya apa yang membedakan kita dengan pelamar kerja yang lainnya?salah satunya adalah prestasi yang telah kita torehkan. Jika ada, prestasi dapat dituliskan untuk menambah nilai plus, misal pernah menjadi finalis karya tulis ilmiah, maupun perlombaan yang lainnya.

 

G. Skripsi dan Karya Tulis Ilmiah

       Tidak ada salahnya menambahkan pengalaman pembuatan Karya Tulis Ilmiah dalam CV. Tim recruitment akan mempertimbangkan pengalaman kita dalam dunia tulis menulis, karena di dunia kerja, hasil umumnya disajikan dalam bentuk laporan. Tips penulisannya lengkap dengan tema, penyelenggara (misalnya DIKTI), serta tahun pelaksanaan.

 

H. Kemampuan Bahasa

       Di beberapa tempat, kemampuan bahasa asing bisa jadi menjadi prasyarat utama dalam mendaftar. Dengan adanya syarat tersebut, alangkah baiknya kita mempersiapkan CV dalam Bahasa Inggris atau bisa juga menambahkan penulisan kemampuan bahasa asing secara lisan, tulisan, maupun mendengar. Misalnya :

 

Bahasa

Lisan

Tulisan

Mendengar

Bahasa Inggris      

 

      Tetapi ingat, alangkah baiknya kita juga menyesuaikan dengan kemampuan bahasa kita saat ini. Memang nantinya kita bisa mempelajari bahasa tersebut kembali. Tapi, dunia kerja membutuhkan pekerja yang siap untuk bekerja. Dan jangan coba-coba untuk memanipulasi kemampuan, misalnya kemampuan Bahasa Inggris. Saat interview bisa saja kita di tes untuk mengetahui kemampuan. Namun, justru yang lebih bahaya adalah saat kita telah diterima tapi tidak sesuai dengan kemampuan kita sebenarnya. Hal tersebut justru akan menyulitkan bagi diri kita sendiri. Menuliskan riwayat dengan apa adanya, itu akan lebih baik untuk kita nantinya🙂.

     Bagaimana kawan-kawan?🙂, mohon maaf ya bila dalam artikel ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati kawan-kawan.

     Semoga artikel ini bermanfaat bagi proses pendaftaran kerja, dan… semoga kawan-kawan bisa memperoleh profesi yang berkah, dan bisa membuat hati bahagia… Aamiin. Semangaaat ya, semoga sukses dan lancar ya bro (^.^)9


4 responses to “Curriculum Vitae CV (Daftar Riwayat Hidup) untuk Fresh Graduate atau Berpengalaman

  1. a'yunil says:

    manteep kakaaak postingannya,,

  2. nurul izza says:

    kak aku mau bertanya jika prestasi dalam seni lukis seperti itu apa di input juga? misalnya juara 2 menggambar , finalis melukis dan semacamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: